Kamis, 28 Mei 2015

Cara cetak undangan di rumah dengan printer biasa

Kartu undangan lazim di gunakan di Indonesia untuk acara-acara seperti khitanan/sunatan, pernikahan, ulang tahun dan sebagainya. undangan dapat dibeli, dibuat, atau di cetak pada jasa cetak undangan. namun demikian jika anda ingin lebih irit dan praktis dalam mencetak undangan anda pun bisa membuatnya sendiri dirumah, terus alatnya apa? ya tentu saja anda harus memiliki Seperangkat Komputer dan printer.


untuk mencetak undangan sederana di rumah dengan menggunakan printer agar lebih irit, langakah awal adalah dengan mempersiapkan design undangan. banyak desain undangan yang ada di internet cukup ketikan kata kunci saja misal "desain undangan sederhana" atau "desain undangan unik" dan lain-lain pun jika anda ingin membuat desain anda sendiri pun juga bisa. Banyak software yang dapat digunakan untuk membuat desain undangan. namun saya pribadi lebih sering menggunakan adobe photoshop.

untuk printer rumahan biasanya menggunakan kertas ukuran maksimal A4 atapun F4 (folio) (baca juga jenis kertas cetak dan gunannya) dengan ukuran tersebut ada beberapa desain lipatan yang cocok untuk media dengan lebar kertas seperti itu berikut beberapa jenis lipatan yang mungkin akan cocok dengan selera anda.


Setelah memilih lipatan yang cocok sekarang anda bisa masuk ketahap selanjutnya yakni membuat buat desain nya.

yang pertama masuk ke Photoshop kemudian klik new, pilih kertas misal kertas A4 seperti gambar dibawah ini :





kemudian putar posisi kertas menadi miring, dalam hal ini saya akan membuat desai 1 lipatan.


kemudian buat garis tengah sebagai tanda lipatan. cuma sebgai tanda saja agar desain lebih enak nantinya contoh seperti ini :





setelah itu kreasikan imajinasimu sesuka hati, ingat untuk sebelah kiri adalah untuk bagian depan dan sebelah kanan adalah untuk bagian belakang biasanya untuk denah lokasi, dan bagian sebaliknya adalah bagian isi. contoh :



Setelah itu buat sisi bagian belakang. kemudian di print deh. ingat print dengan ukuran kertas A4 ya.

http://www.belipakai.com/2016/02/desain-undangan-photoshop-format-psd.html

Cara cetak undangan di rumah dengan printer biasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

5 komentar :

  1. kertas yg dipake undangan untuk printer apa gan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sembarang gan mau kertas apa saja, bisa hvs, bisa juga kertas karton

      Hapus
  2. Cara cetak kertas undangannya gimana gan? Kan ada yang timbul, ada yang tengahnya berlubang, ada yang wangi, apa kita cuma bisa membuat design trus dibawa ke percetakan gitu??

    BalasHapus
  3. Kalo undangan yg beli gan cetaknya gimana?
    Undangannya sudah di design di kertas undangannya yg tebal kira" ukuran kertas a4. Bisa di tulis tangan apa bisa juga di print?

    BalasHapus