Kamis, 28 Mei 2015

Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC

ID card atau kartu nama dewasa ini sering digunakan oleh profesional maupun orang biasa selain dari KTP, fungsinya ya untuk mempermudah oranglain untuk mengenali kita dan kedepannya bisa lebih mudah berhubungan melalui kontak yang tersedia pada id card tersebut, karena id card biasanya memuat Nama orang, nama usaha, kemudian nomor telephone, alamat dan pekerjaan serta keahlian yang ada pada si empunya kartu nama tersebut.


Kartu nama bisa dibuat dengan banyak kertas tergantung anda sukanya pakai kertas yang mana, kalau belum mengerti macam-macam kertas, anda dapat membaca macam-macam jenis dan bentuk kertas. biasanya sih kartu nama di cetak pada kertas yang agak tebal. pun begitu biar lebih bagus baiknya menggunakan kertas PVC, kalo anda belum tahu apa itu kertas PVC lihat saja pada sim/ KT elektonik nah kira-kira seperti itulah jenis bahan kertas PVC itu.

Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC
Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC


lalu bagaimana cara membuatnya ?

untuk membuat IDCARD / Kartu nama ada alat-alat yang harus kamu punya atau miliki antara lain :

1. Seperangkat komputer 
2. Printer
3. Alat laminating / bisa diganti gosokan baju. suhu berkisar 150 C
4. Alat Plong ID card
5. Kertas PVC nya

Langkah selanjutnya :

  1.     Silakan Anda desain ID Card di komputer menggunakan Corel Draw atau Photoshop dengan ukuran 5,4 x 8,6 cm. Posisi (portrait atau landscape) bisa Anda sesuaikan tergantung kebutuhan.
  2.     Anda set mirror untuk mencetak di printer atau cetak terbalik ( kualitas Photo ).
  3.     Siapkan bahan/kertas PVC (bukan PVC kaku) masukkan ke printer, jangan sampai terbalik. Bagian yang di print adalah bagian yang tidak ada lapisan pelindungnya. ( atau yang kasar).
  4.     Setelah Anda print tunggu hasil kering dahulu kira-kira 2 menit ( INX PIGMENT ) 3 menit ( INX ARTPAPER ) agar aman dan yakin 100% sudah kering.
  5.     Tempelkan Kedua kertas yang Anda prin tadi dengan PVC yang tebal, buka penutup plastiknya dulu.
  6.     Set suhu laminator menjadi 150 derajat, apabila panas laminator sudah tercapai maka masukkan ID Card PVC yang sudah dilengketkan tadi, kemudian Anda dinginkan dulu -+ 1-2 Menit.
  7.     Potong menjadi 2 bagian dengan pemotong kertas / Cutter.
  8.     Ambil mesin plong ID Card dan plong ID Card yang sudah Anda potong tadi.
  9.     Jadi deh. Nah, Anda bisa menambahkan jepit atau tali pada ID Card dengan cara memplong ID Card bagian atas menggunakan tang plong ID Card.

Nah begitulah Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan masukan untuk usaha mu jika kamu berminat untuk membuat percetakan kartu nama. sekian dan terimakasih.

Tutorial cara cetak id card dengan kertas PVC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

1 komentar :

  1. Jenis kertas PVC ada banyak ya gan? Cara milih jenisnya gmana?

    BalasHapus