Rabu, 14 Oktober 2015

Cara Buat Batik Cap

Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Ilustrasi Batik Cap Image by Google Image


Salah satu jenis batik dari cara pembuatannya adalah Batik cap yakni kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Tidak seperti batik tulis yang proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap (semacam stempel besar yang terbuat dari tembaga) yang sudah didesain dengan motif tertentu dengan dimensi 20cm X 20cm.

Berikut adalah proses pembuatan batik cap:

  •     Kain mori diletakkan di atas meja dengan alas dibawahnya menggunakan bahan yang empuk.
  •     Malam direbus hingga suhu 60 – 70 derajat Celsius.
  •     Cap dicelupkan ke malam yang telah mencair tadi tetapi hanya 2cm saja dari bagian bawah cap.
  •     Kemudian kain mori di cap dengan tekanan yang cukup supaya rapih. Pada proses ini, cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori.
  •     Selanjutnya adalah proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain mori yang sudah di cap tadi ke dalam tangki yang berisi cairan pewarna.
  •     Kain mori direbus supaya cairan malam yang menempel hilang dari kain.
  •     Proses pengecapan>pewarnaan>penggodogan diulangi kembali jika ingin diberikan kombinasi beberapa warna.
  •     Setelah itu, proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda.
  •     Penjemuran kemudian disetrika supaya rapih.

Proses pembuatan batik cap ini lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis karena pembuatan motifnya dengan menggunakan cap (stempel) yang lebar.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada Video Berikut :



Nah begitulah kira-kira Cara Buat Batik Cap semoga bermanfaat untuk anda ya dan bisa menginspirasi, salam caracetak.com cetak apa saja ada caranya. sekian.

Cara Buat Batik Cap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

1 komentar :

  1. Wahh artikelnya bagus sangat bermanfaat sekali nih Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus