Kamis, 15 Oktober 2015

Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.
Logo Jaminan Kesehatan Nasional

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014.
 
1. Masuk ke situs resmi admin BPJS Kesehatan. Silahkan klik DISINI.


Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Kepesertaan BPJS
Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri

2. Setelah Log In, klik dibagian Data --> Cari data.

Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Kepesertaan BPJS
Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri

3. Kita akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar dibawah ini, centang dan masukkan NIK karyawan yang akan dicetak kartunya (No 1). Klik tombol Cari (No 2). Maka akan keluar nama karyawan beserta istri dan anak karyawan yang akan dicetakkan kartunya (No 3). Kemudian klik tombol Cetak kartu (No 4).

Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Kepesertaan BPJS
Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri

4. Setelah semua langkah-langkah diatas kita lakukan dan NIK yang kita masukan benar semua. Maka akan muncul kartu yang siap untuk di cetak. 

Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Kepesertaan BPJS

Note : Info terbaru bahwa web bisa diakses setelah pukul 15.00 WIB. Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 UU BPJS.

Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan.

Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan pada 2019, diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit namun dengan melakukan upaya efisiensi.


Cara Mencetak Kartu BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Kepesertaan BPJS
 






Sekian Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri semoga bermanfaat, salam cara cetak.com cetak apa saja ada caranya
 
sumber tulisan :
 
http://datydallik.blogspot.com
https://id.wikipedia.org/wiki/BPJS_Kesehatan

Cara Cetak Kartu BPJS Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

17 komentar :

  1. Aduh... utk antri cetak kartu aja lamanya minta ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. cetak dirumah sendiri aja gan gan kan bisa, itu yang di cetak bpjs E-Id nya

      Hapus
    2. cara cetaknya gimana gan?

      Hapus
    3. langkahnya seperti artikel diatas suah jelas.

      Hapus
    4. cara mengetahui ID & Pass nya gimana ya? karna saya didaftarkan oleh perusahaan. ngga daftar sendiri

      Hapus
  2. Minta User Id dan passwordnya donk.mau cetak ulang BPJS nya.mkasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. User Id dan pasword dibuat saat anda pertama kali daftar BPJS, bisa secara online ataupun di kantor BPJS, tidak bisa pakai milik orang lain trimakasih.

      Hapus
    2. Kalo kitaa di daftar oleh pemerintah bagai manaa kitaa tau id kita

      Hapus
    3. kalau daftar langsung di kantor bpjs nya biasnaya langsung di inputkan oleh petugas, dan kartunya juga dicetak kan disana.

      Hapus
    4. Iya, kita tahu dari mana ID dan password-nya untuk masuk???

      Hapus
    5. berarti tetap gak bisa cetak sendiri yaa, karena gak tahu id dan passwordnya..

      Hapus
  3. lamaaaaa bangeet ke kantor BPJS nya nunggu14 hari kerja antrinya masyallah

    BalasHapus
  4. Kalo cetak sendiri kenapa landscape gtu n agak besar, gak kyk org2 gtu. Gmna ya caranya

    BalasHapus
  5. Setelah kita mencetak e-id.
    Apakah kita bisa mencetak kartu lagi di kantor bpjs...?

    BalasHapus
  6. kenapa ya tadi siang sudah bayar iuran bpjs tapi kok masih di bilang belum bayar. mohon solusis!

    BalasHapus
  7. ini yang pake id password buat perusahaan bos

    BalasHapus
  8. ini buat Admin Perusahaan Atau Untuk Peserta perorangan,,,,,jadi yg terdaftar dari perusahaan,,,,,yah minta sama BAPAK HRD nya,,,,Mohon ditambahin Tutornya Ga komplit Cuy,,,,,

    BalasHapus