Selasa, 08 Desember 2015

Cara membuat dan mencetak tahu

Halo sobat pembaca caracetak.com pasti Tahu kan apaan itu "Tahu" maksudnya bukan Tahu dalam artian mengerti tapi tahu makanan yang terbuat dari kedelai ya tahu yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". 


Cara membuat dan mencetak tahu
Berbagai macam olahan tahu

Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han. Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia. tapi tahukah sobat caranya membuat tahu? apa jangan-jangan sobat pada belum tahu ya? hehe bahasanya jadi agak aneh ya. oke kalo sobat belum tahu cara membuat dan mencetak tahu berikut adalah caranya.

Cara membuat dan mencetak tahu
Tahu Putih dan tahu Goreng


Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan:

Bahan untuk membuat tahu sendiri:
  •     Rendaman kacang kedelai (1 kg) kurang lebih ya selama satu malam.
  •     Air bersih.
  •     Cuka makan (100 ml)

Peralatan untuk membuat tahui:
  •     Panci besar
  •     Blender
  •     Cetakan tahu
  •     Saringan
  •     Serbet
  •     Pisau atau alat untuk memotong lainnya

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1.     Pecah-pecahkan kacang kedelai yang sudah direndam semalaman ke dalam panci besar atau baskom.
  2.     Setelah kacang diremas hingga pecah, masukkan air bersih secukupnya kemudian diblender. Pastikan kacang kedelai diblender sampai halus hingga menjadi sama seperti susu, setelah itu masukkan kembali ke dalam panci.
  3.     Siapkan kompor dan rebus adonan kacang kedelai sampai mendidih dan tampak busanya. Mulai masukkan air sedikit-sedikit saat busa keluar dan kecilkan apinya sedikit demi sedikit. Cara membuat tahu sendiri ini dengan memasukkan air hingga busanya sudah hilang.
  4.     Diamkan rebusan kacang kedelai tadi yang dimasak dengan api kecil selama kurang lebih 20 menit. Setelah matang, angkat dan matikan kompor. Biarkan dahulu sejenak hingga rebusan dingin baru kemudian lakukan langkah selanjutnya.
  5.     Gunakan kain serbet yang sudah disiapkan sebelumnya untuk menyaring kacang kedelai. Ampas dari saringan kacang kedelai jangan langsung dibuang karena nanti bisa dipergunakan lagi.
  6.     Rebus kacang kedelai yang sudah disaring tadi dengan api sedang, akan tetapi jangan sampai air kacang kedelai mendidih. Angkat dan campur dengan air cuka makan, aduk hingga adonan tercampur rata.
  7.     Selama 30 menit adonan kacang kedelai perlu untuk didiamkan, cara membuat tahu yang mudah ini diperlukan untuk memisahkan calon tahu dengan airnya. Prosesnya akan sedikit demi sedikit terlihat.
  8.     Mulai saring lagi adonan kacang kedelai sampai semua airnya keluar dengan menggunakan kain serbet.
  9.     Siapkan cetakan tahu kemudian susun kacang kedelai yang sudah disaring tadi ke dalam cetakan. Jika perlu, tekan dengan suatu pemberat agar tidak ada air lagi yang tersisa.
  10.     Tunggulah tahu hingga terbentuk selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit. Setelah itu dengan hati-hati keluarkan tahu dari cetakan dan siap untuk dipotong-potong kotak. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
Setelah tahu terbentuk tahu siap diolah menjadi berbagai masakan sesuai selera anda, mau digoreng dimasak sambal dan lainlainnya. Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Cara membuat dan mencetak tahu
Tahu sebagai masakan nusantara


Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takua. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).

Demikian lah sobat pembaca caracetak.com yakni cara membuat dan mencetak tahu, semoga bermanfaat ya makan tahu biar makin tahu hehehe salam caracetak.com cetak apa saja ada caranya dan selamat berwirausaha.

sumber bacaan : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Tahu

Cara membuat dan mencetak tahu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar :

Poskan Komentar