Selasa, 08 Desember 2015

Cara membuat dan mencetak tempe

Tempe goreng, Tempe mendoan, atau kering tempe, pasti sobat pembaca caracetak.com sudah mengetahu masakan olahan dari tempe itu kan ya Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe". Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

Cara membuat dan mencetak tempe
Berbagai bentuk tempe


Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. Beberapa pihak mengkhawatirkan kegiatan ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang (memerlukan lisensi dari pemegang hak paten).

Cara membuat dan mencetak tempe
Tempe goreng/ tempe mendoan olahan yang biasa dari tempe


Namun apakah sobat sudah tahu cara membuat tempe itu seperti apa? kalau belum tahu yuk kita cari tahu cara membuat tempe.

Bahan Pembuatan Tempe:
1. Kedelai Putih 5 Kg
2. Bibit tempe/Ragi Tempe 5gr
3. Air bersih

Alat-alat Pembuatan Tempe:
1. Panci
2. Kompor
3. Tampah 2 buah
4. Ember Plastik
5. Plastik Pembungkus
6. Kertas dan daun pisang

Proses Pembuatan Tempe Kedelai :
-    Siapkan Alat dan Bahan
-    Pilih kedelai untuk mendapatkan kedelai terbaik dengan cara dipilah dan membuang yang jelek.
-    Bersihkan/cuci kedelai dengan air bersih
-    Rebus kedelai yang telah dicuci kedalam air selama 30 menit, angkat dan dinginkan. Biarkan kedelai masih dalam tempat dan air rebusannya.
-    Tambahkan 10ml asam laktat/liter air perebus (untuk memperoleh pH=5) selama 12 jam untuk mendapatkan kualitas tempe terbaik.
-    Cuci dan buang kulit kedelai dan rebus kembali dengan air bersih selama 90 menit, angkat dan tiriskan
.

-    Setelah ditiriskan dan dingin sempurna, tambahkan ragi tempe dan aduk hati-hati secara merata.

-    Bungkus kedelai dengan plastik transparan atau dengan kertas dan daun pisang. Jika menggunakan plastik, tusuk plastik dengan lidi secara merata untuk ventilasi saat fermentasi.
-    Simpan selama 23-30 jam sampai peragian berjalan sempurna.
-    Tempe siap diolah atau dipasarkan.


Cara membuat dan mencetak tempe
Berbagai olahan tempe mulai dari sate tempe hingga sambel tempe

Setelah jadi tempe bisa diolah sesuai selera mau digoreng disambel, dibuat kering atau dibuat makanan olahan lainnya sesuka hati sobat, yang jelas tempe itu enak hehehe oke sekian cara membuat dan mencetak tempe semoga bermanfaat ya sobat salam cara cetak . com cara cetak tempe disini tempatnya hehhe salah, ceta apa saja ada caranya. sekian dan selamat berwirausaha. 

Sumber bacaan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Tempe
http://dataiptek.blogspot.co.id

Cara membuat dan mencetak tempe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar :

Poskan Komentar