Kamis, 04 Februari 2016

Cara Mencetak Obat bentuk tablet

Cara Mencetak Obat bentuk tablet | Sebagian besar tablet dibuat adalah dengan cara granulasi dari campuran serbuk (obat dan eksipien) sebelum pencetakan. Tujuan utama granulasi ialah untuk menghasilkan massa dalam bentuk granul yang dapat mengalir dengan baik (sehingga nantinya penyimpangan bobot tablet dihasikan tidak begitu besar) dan mudah dicetak (kompresibilitas yang baik).

Metode Cetak Langsung
Cetak langsung yaitu proses pembuatan tablet yang dilakukan dengan mencetak lansung bahan obat/aktif dengan atau tampa penambahan bahan pembantu.

Cara Mencetak Obat bentuk tablet


Istilah cetak lansung dahulu digunakan untuk mencetak senyawa berbentuk kristal,biasanya garam-garam anorganil seperti garam halogen NaBr,NaCl dan KBr kedalam bentuk yang kompak. Hal ini dapat dilakukan karena garam halogen diatas hanya memiliki satu jenis ikatan sehingga pada pembentukan kisi-kisi kristalnya dapat berulang dengan teratur sehingga memiliki sifat mudah mengalir dan mudah dimampatkan.

Tidak semua (kebanyakan) bahan aktif/obat dapat dicetak lansung karena tidak memiliki sifat seperti diatas secara keseluruhannya Tersedianya bahan eksipien baru atau bentuk baru dari eksipien yang telah ada selama ini seperti Avicel, Starrch 1500, Emdex, Di Pac, Lactosa Spray-dried (sp) dan lai-lainnya sebagai bahan pengisi dan bahan pengikat maka beberapa bahan aktif dapat dicetak lansung. Penemuan penemuanu baru dari mesin cetak tablet maka memungkinkan proses pembuatan tablet lebih mudah yaitu dengan cara cetak lansung. Bahan pembantu yang di gunakan dipilih berdasarkan sifat alirnya.

Kemampuan untuk pemampatan/kompresibilitas, stabil secara fisiko kimia, dapat tersatukan dengan bahan aktif dan bahan pembantu lainnya dan bobot jenisnya tidak terlalu jauh berbeda. Perbedaan bobot jenis yang besar akan mempersulit untuk menghasilkan campuran bubuk yang homogen. Keberhasilan formulasi untuk tablet yang akan dibuat secara cetak lansung, sangat tergantung kepada sifat bahan pembantu yang digunakan terutama bahan pengisi dan pengikat. Tampa memiliki sifat alir dan kompresibilitas yang baik sulit sekali untuk menghasikan tablet cetak lansung dalam skala industri (masal).

Sebahagian sifat tersebut dibutuhkan oleh eksipien untuk tablet pada umumnya, tampa memperhatkan cara pembuatan/perakitan tablet.

Cara Mencetak Obat bentuk tablet
Cara Mencetak Obat bentuk tablet


Menurut Kanig ada 14 macam sifat untuk eksipien yang akan digunakan untuk pembuatan tablet secara cetak lansung yaitu :

1.   Eksipien harus mempunyai sifat alir yang baik.
2.   Sangat mudah dicetak/kompresibilitas yang baik
3.   Secara fisiologis inert
4.   Tersatukan dengan semua jenis bahan obat/aktif.
5.   Tidak memperlihatkan perubahan sifat fisik dan kimia pada penyimpanan dan stabil terhadap pengaruh udara, kelembaban dan panas.
6.   Mempunyai kemampuan yang tinggi sebagai eksipien  tablet (dilution). Kemampuan tersebut dinyatakan dalam bentuk perbandingan optimum antara obat dengan eksipien.
7.   Tidak berwarna dan berbau.
8.   Dapat menerima zat warna secara merata.
9.   Harga relatif tidak mahal.
10.   Menunjukkan rasa yang menyenangkan di mulut apabila digunakan untuk tablet hisap
11.   Tidak mempengaruhi ketersediaan biologis obat
12.    Distribusi ukuran partikel eksipien ekivalen dengan kebanyakan ukuran partikel bahan obat
13.   Dapat dilakukan pencetakan ulang tablet tampa kehilangan sifat alir dan mudak dicetak
14.   Harus menunjukkan profil yang baik hubungan antara tekanan  saat pencetakan dengan kekerasan tablet yang dihasilkan

Untuk mencetak tablet biasnya menggunakan mesin/alat pencetak tablet bisa juga dengan cara manual untuk lebih jelasnya bisa ditonton pada video berikut ini




Bagaimana cukup mudah bukan Cara Mencetak Obat bentuk tablet semoga bermanfaat ya, salam caracetak.com cetak apa saja ada caranya

Cara Mencetak Obat bentuk tablet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar :

Poskan Komentar