Selasa, 08 Maret 2016

Jenis dan fungsi tinta printer

Jenis dan fungsi tinta printer oleh caracetak.com | Printer merupakan sebuah hardware yang digunakan sebagai pencetak gambar, tulisan ataupun beberapa file lainnya. Printer memiliki banyak jenis dan fungsi yang berbeda (Lihat: Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya). Sering menggunakan mesin Printer atau Fotocopy pastinya mesti tau juga jenis-jenis tinta printer yang digunakan, mulai dari biasa, anti air atau yang lainnya. Tinta Printer ini ada beberapa macam yang mempunyai hasil dan kualitas yang berbeda juga. Mulai dari pencetak tulisan, gambar hingga pencetak tulisan dan gambar pada media keras. Dari banyaknya media yang digunakan inilah tinta printer terbagi menjadi beberapa jenis dan fungsi yang tidak sama. 


Jenis dan fungsi tinta printer
Jenis dan fungsi tinta printer


Berikut adalah Jenis fungsi tinta printer :

a. Tinta Printer biasa / Tinta Printer Dye Base

Tinta Printer biasa / Tinta Printer Dye Base
Tinta Printer biasa / Tinta Printer Dye Base

tinta ini adalah tinta yang biasa di pakai pada mesin printer inkjet pada umumnya. Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada Printhead Cartridge semakin kecil. Tinta printer tipe DYE water based ini paling banyak digunakan untuk Printer standard karena bersifat hasil cetak yang bagus, hasil print di kertas foto sangat bagus dan warna cerah. Untuk harga tinta jenis dye base juga lebih murah dibanding pewarna utk jenis tinta lainnya, tapi hasil cetak dari tinta dye base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya. Hampir semua jenis kertas bisa menggunakan tinta Dye based karena karakter bahan dan harganya yang lebih terjangkau. Contoh kertasnya seperti kertas HVS, Glossy Paper, PVC ID Card, Inkjet Paper, Canvas, Silky Paper dan sebagainya. tinta ini tidak cocok untuk print pada kertas art paper, plastik.
Tips Penggunaan tinta Dye Based agar tahan lama :
Berikan Pelapis pada kertas hasil print, misal kertas Photo Glossy dengan Stiker Laminating Dingin. 

b. Tinta Printer Pigment / Durabrite

Tinta Printer Pigment / Durabrite
Tinta Printer Pigment / Durabrite


merupakan jenis tinta printer yang mempunyai kualitas cetak lebih tajam, pekat dan juga tahan air jika dibandingkan dengan tinta dya base. Jenis tinta ini diformulasinya dari Air, kemudian Diluent, Colorant Pigment, dan juga beberapa bahan lainnya.  Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper. Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka Printhead Cartridge akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.

Tinta Printer Pigment biasanya digunakan untuk mencetak photo, karena kualitas gambar lebih tajam dan tidak luntur bila terkena air. Tinta jenis pigment cocok untuk berbagai jenis kertas, HVS, inkjet paper, kertas foto, dll. Namun Harga tinta jenis ini lebih mahal dibanding tinta dye. 

c. Tinta Printer Sublimation Ink 

Tinta Printer Sublimation Ink
Tinta Printer Sublimation Ink


Tinta Printer Sublimation Ink, merupakan jenis tinta yang karakteristik yang jauh lebih tahan terhadap air, dan degradasi warna yang lebih kuat dibanding jenis tinta dye ataupun tinta pigment.  Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, tapi resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll

Jenis tinta printer sublimation ink biasanya digunakan untuk printer dengan metode infus untuk mencetak gambar ke media lain (selain kertas). Tinta printer sublimation ink digunakan untuk mencetak bahan-bahan seperti sablon, baju kaos, pin, mug, atau yang berbahan keramik lainnya. keunggulan Tinta Printer Sublimation Ink Lebih tahan air (water proof) dibandingkan jenis tinta pigment, Warna lebih kuat sehingga tidak mudah pudar. Masalah terbesar dari tinta sublimasi ini adalah jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan mudah menyumbat printhead cartridge. Perawatan serta rutinitas percetakan perlu dicek. Bahkan bila perlu minimal setiap hari mencetak 1-3 lembar.

d. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Tinta Jenis Pigment Art Ink – Tinta ini pewarnaannya berasal dari pewarna pigment/biasanya berupa bubuk yang tidak larut dalam air. Tinta jenis ini cenderung hasil cetaknya menempel di permukaan kertas dan menjadi lapisan pewarna yang tahan luntur dan tahan cahaya.  karena saat ketika kita mencetak dengan tinta pigment ini partikel pewarna yang berupa bubuk tidak ikut merembes masuk ke serat kertas. Jenis Tinta Art Paper Ink ini sangat cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar, yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.menggunakan printer Epson desktop biasa seperti :
Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

e.  Tinta Printer Solvent

merupakan jenis tinta printer yang mempunyai ketahanan paling baik terhadap paparan air ataupun sinar ultraviolet. Karena, tinta solvent ini terbuat dari bahan-bahan khusus seperti cat duco kemudian ditambah dengan bahan-bahan lainnya yang bisa disesuaikan dengan tipe-tipe Printer Outdoor. Fungsi Tinta Printer Solvent Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing, karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).

Kekurangan terbesar dari tinta printer solvent adalah bau yang sangat menyengat dari tinta ini. Disarankan pada saat proses percetakan outdoor baik skala kecil atau besar, menggunakan masker karena terlalu banyak kandungan kimia yang bisa terhirup.

f. Tinta Printer Eco Solvent

Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

Demikianlah Jenis dan fungsi tinta printer, semoga bermanfaat ya. Salam caracetak.com cetak apa saja ada caranya dan selamat berwirausaha.

Jenis dan fungsi tinta printer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

0 komentar :

Poskan Komentar