Jumat, 11 Maret 2016

Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil

Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil oleh caracetak.com| Bisnis usaha percetakan akan selalu ada seiring pertumbuhan ekonomi. Tapi banyak kombinasi situasi dan kondisi yang muncul takala seseorang ingin memulainya. Setiap orang pemula yang ingin memulai usaha percetakan seringkali bertanya-tanya kepada orang lain pelaku bisnis percetakan digital sukses sebagai berikut : berapa modal usaha yang mesti disediakan, mesti dari mana dulu untuk memulai usaha percetakan, dimanakah lokasi usaha yang paling strategis dan cocok untuk berbisnis percetakan dan bagaimanakah caranya yang mudah dalam memproses pesanan cetakan dan lain sebagainya. 

Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil
Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil



Banyak orang yang mempunyai hasrat atau keinginan untuk memulai berwirausaha, tapi kadang bingung memulainya. Dimulai dari tidak fokusnya pilihan atas bidang usaha apa yang hendak dijalankannya sampai terbentur masalah permodalan untuk memulai usahanya. Adapun modal usaha dalam menjalankan bisnis percetakan sebagai agen percetakan sebenarnya tak membutuhkan modal usaha yang besar. Sebab Anda dapat menjalani bisnis digital printing ini dengan mengerjakan pesanan-pesanan cetakan yang kecil dulu seperti stiker, kartu nama, form toko, dan kartu undangan serta lain sebagainya. Kenapa saya bilang kecil kecilan? karena pekerjaan tersebut hanya membutuhkan printer saja tidak perlu mesin fotokopy untuk membuka bisnis percetakan kecil kecilan. rata rata untuk memulai usaha percetakan menggunakan printer merk canon dan epson. kalo kami sendiri menggunakan printer epson L550.

usaha percetakan sederhanya anda tidak perlu memikirkan karyawan, karena usaha ini bisa anda jalankan sendiri, jika anda ingin membuka cabang percetakan yang kedua, anda baru memikirkan karyawan. Dan untuk modal memulai bisnis cetak undangan atau semacamnya juga tidak perlu pusing untuk difikirkan, karena anda bisa memulainya dengan modal kecil. 

Dalam membuka usaha digital printing ternyata tidak terlalu sulit, bahkan bagi anda yang belum mempunyai dasar ilmu grafis dan percetakan pasti bisa jika benar benar tertarik mendalaminya. Dengan modal yang tidak terlampau besar yaitu kisaran 5-15 juta, kita sudah dapat membuka sebuah usaha digital printing dengan omset yang menggiurkan. Yang terpenting dalam usaha ini adalah kreatifitas dan memanfaatkan moment yang ada.


Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil
Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil

Pernahkah Anda sesekali kebetulan mendengar ada tetangga bahkan kerabat terdekat berencana melangsungkan hajat pernikahan / khitanan? Coba dekati dan cari tau apakah Undangan Pernikahan / Khitanannya sudah ada yang mengurusinya. Dekati secara personal dan yakinkan kepadanya bahwa Anda dapat membantu menyiapkan undangan tsb sampai jadi. Ini sebuah peluang ! 

Bila Anda peka, melihat lebar-lebar dan pasang telinga, sebenarnya di sekeliling Anda banyak peluang yang bisa dijadikan “obyekan”. Tapi hal kecil ini bisa menjadi PELUANG BISNIS USAHA PERCETAKAN & GRAPHIC DESIGN yang terlewatkan bila tidak tahu atau tepatnya tidak berani memulainya. Bila Anda mendapatkan kesempatan, baik itu di kantor, komunitas bergaul, lingkungan rumah ataupun untuk kebutuhan sendiri- peluang Anda diminta dan ditanya mengenai DIMANA SAYA BISA MENCETAK barang seperti ini? Ambil peluang tersebut ! Jangan lihat besar-kecilnya order. Kesempatan ini gak bakalan lewat dua kali di hadapan Anda. Namun bila Anda ambil order ini, kesempatan kedua dan seterusnya akan menghampiri Anda dengan sendirinya.

Saran saya, untuk tahap pertama, jangan pernah membayangkan Anda bakal segera mendapat untung yang besar bila mendapat peluang tersebut. Sudah diberi kepercayaan untuk menjalankan order tsb saja sudah merupakan mukjizat bagi Anda! Kalau perlu nggak pake untung dulu deh. Yang utama adalah orang akan segera tahu bahwa Anda punya keahlian yang dapat diandalkan. Nah, pada peluang kedua dan seterusnya, barulah Anda mulai berhitung dengan cermat berapa persen keuntungan yang harus Anda raih dari orderan berikutnya

bagai mana dengan perlengkapan awal usaha percetakan ?

1. Siapkan mental anda untuk memulai bisnis ini

2. Siapkan modal untuk membelian peralatan sebagai berikut :
    a. Komputer (Minimal dual core )
    b. CD Tutorial Corel Draw + Photo Shop + Software Instant
    c. Software,template dan sebagainya.
   d. Printer Mini Infus + Tinta ( Tinta Khusus )
   e. Mesin Pemotong , Binding,Laminator,Template,Dll.
   f. Bahan Laminasi Roll,Laminasi Sticker,Kertas Sticker
   g. CD Format Ukuran Photo, Contoh Desain, Background Photo,    Frame Bingkai Photo, Frame Kalender.

3. Ada juga yang menyedikan paket percetakan lengkap..rata rata dengan peralatan sebagai berikut :
-1 unit Printer Epson T1100 (A3+/329cm) + Infus Tinta Dura-Ultra 4-T (Art Paper)
-1 unit Automatic Business Card Cutter
-1 unit Corner Inverse Punch
-1 unit Paper Cutter A3
-2 Pak Kertas Art paper 260 Gsm A3 isi 25 lbr
-2 Pak Kertas Art Paper 150 Gsm A3 isi 50 lbr
-2 Pak Kertas Art Paper 100 Gsm A3 isi 100 lbr

4. Lakukanlah take action untuk memulainya

5. Berserah diri kepada yang maha esa setelah melakukan semuanya dengan terbaik.

Walaupun baru pertama kalinya Anda menghadapi order cetak, terima saja order itu. No problem, bila Anda belum paham liku-liku percetakan. Entah itu ordernya harus dilempar lagi ke pihak lain atau Anda bisa bekerjasama lagi dengan orang lain, itu soal lain. Yang penting order itu harus jadi, harga pantas dan si pemberi order merasa puas. Dengan demikian ada pencitraan diri, bahwa anda adalah orang yang sanggup diberi kepercayaan untuk menyelesaikan order dimaksud. Pandai-pandailah Anda berdiplomasi dan meyakinkan calon customer Anda, terutama dari kalangan terdekat Anda. namun ingat jauhi orderan yang sifatnya ilegal misalnya edit KTP, KK, bahkan mungkin Izasah yang bisa membahayakan anda karena itu ilegal dan anda bisa dipenjara karena itu.

Mulailah perjalanan Anda mendapatkan order perdana ini. Langkah pertama dan paling ekspres tanpa mengandung resiko kesalahan adalah Anda dapat mendatangi salah satu PERCETAKAN yang Anda yakini bonafid. Tanya berapa harga cetakan disini dan terapkan selisih harga jualnya kepada konsumen Anda. Langkah ini safe, tapi Anda tidak akan mendapatkan ilmu apapun dari orang percetakan tersebut. Boro-boro membagi ilmu, untuk mengurangi margin keuntungannya saja bahkan tidak mungkin.

Yang terakhir, semangat dan konsisten dengan hasil dan kualitas cetakan, mau cetakan banyak/sedikit selalu terima dengan lapang dada, hingga konsumen mempercayai usaha anda sehingga loyal jika ada orderan cetak selalu ke anda. demikian Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil semoga bermanfaat, salam caracetak.com cetak apa saja ada caranya

sumber bacaan :
- http://ayuprint.co.id
- http://www.jefrihilda.my.id/
- http://www.bisnisonlinegratisan.com/

Tips Usaha Percetakan dengan modal kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ras Eko Budi Santoso

2 komentar :

  1. Kalau ingin mulai usaha percetakan bisa kerjasama dengan kami, JIT OFFSET, Offset yang siap melayani apapun kebutuhan cetak Anda dengan pengerjaan cepat - tepat dan harga terjangkau.

    Klik aja di http://hargacetak.net

    atau hubungi 0812 1642 0003

    Melayani cetak offset seluruh Indonesia

    BalasHapus
  2. thanks gan wacana nya bagus. lagi lagi kendala yg banyak dimiliki itu modal gan hem

    BalasHapus