Selasa, 07 Maret 2017

Cara Mudah Melakukan Head Cleaning Pada Printer Yang Bisa Anda Coba

Cara Mudah Melakukan Head Cleaning Pada Printer Yang Bisa Anda Coba


Caracetak,com - Head cleaning pada printer sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah kerusakan pada head dan juga kerusakan pada komponen printer yang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa harga dari head ini lumayan mahal yaitu separuh dari harga printernya, jadi sangat sayang jika head pada printer mengalami rusak.
Head cleaning juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena akan beresiko pada head itu sendiri. Bisa Anda bayangkan jika head rusak dan Anda harus segera membelinya dengan yang baru, pasti ini akan menjadi beban untuk Anda, terlebih lagi saat kondisi keuangan Anda sedang tidak baik.
Dewasa ini banyak sekali jenis-jenis printer yangberedar di pasaran, namun pada umumnya cara membersihkan head ini sama antara yang satu dengan yang lainnya.
Tujuan dari dibersihkannya head pada printer adalah untuk menghindari terjadinya tinta yang meluber dan juga melancarkan lubang noozle pada saat tinta keluar dari catridge menuju head pada printer.

Cara mudah melakukan head cleaning pada printer juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus susah payah membawa printer Anda ke tukang service. Namun sebelum melakukan head cleaning, apakah Anda tahu dimana letak head itu berada? Jika belum simaklah pembahasan singkat berikut ini.
Saat Anda menggunakan printer, pastinya ada bagian yang bernama catridge. Catridge ini memiliki peran yang sangat vital bagi printer. Nah, head pada printer terletak persis di bawah catridge. Tugas dari head itu sendiri adalah untuk mengeluarkan tinta ke kertas agar hasil cetakan optimal.


Setelah Anda mengetahui letak dari head, sekarang giliran Anda menjalankan cara mudah melakukan head cleaning pada printer seperti yang akan tersaji di bawah ini.
1.      Langkah pertama yang harus Anda tempuh yaitu dengan mengklik menu start, kemudian pilih device and printer atau Anda juga melakukan cara lain yaitu dengan mengklik start, setelah itu pilih control panel dan klik hard and sound, kemudian pilih device and printer.
2.      Pilihlah device and printer yang akan dilakukan pembersihan, kemudian klik kanan dan klik properties.
3.      Setelah melakukan langkah tersebut, Anda akan masuk ke jendela dari printer properties, kemudian masuklah ke dalam tab maintenance.
4.      Lalu akan muncul pilihan seperti “cleaning”, “deep cleaning”, dan juga “noozle check”.
5.      Anda pun disarankan untuk melakukan pembersihan secara bertahap satu demi satu
6.      Tanda bahwa cleaning telah usai adalah printer secara otomatis akan menggunakan kertas.
Dengan melakukan proses tersebut, maka tidak ada lagi tinta yang berlebih dan juga kotoran yang lainnya. Di dalam cara mudah melakukan head cleaning pada printer tersebut terdapat keterangan pilihan “cleaning”, “deep cleaning”, dan juga “noozzle check”.
Cleaning berarti membersihkan tinta yang ringan, sedangkan untuk deep cleaning berarti membersihkan secara lebih mendalam dan untuk noozzle check gunanya adalah menguji serta memberitahukan kepada Anda mengenai keadaan dari noozzle.
Sebaiknya lakukanlah pembersihan selama satu minggu sekali ataupun seperlunya saja sebab nantinya akan membuang beberapa tinta printer.
Anda bisa melakukan cara mudah melakukan head cleaning pada printer tersebut ketika hasil cetak sudah tidak maksimal padahal tintanya masih banyak. Selain itu, cara  tersebut bisa dilakukan ketika komputer mengalami error dan mengharuskan Anda untuk melakukan cleaning head.


Bagaimana Anda sudah paham bukan cara membersihkan head cleaning? Silahkan mencoba cara mudah melakukan head cleaning pada printer tersebut di rumah. Pastikan bahwa Anda sudah mengerti setiap langkah yang disajikan di atas agar tidak terjadi kekeliruan yang akan mengakibatkan printer Anda menjadi rusak.



Cara Mudah Melakukan Head Cleaning Pada Printer Yang Bisa Anda Coba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: echo hologram

0 komentar :

Posting Komentar