Kamis, 30 Maret 2017

Cara Mudah Mengecek Kondisi Nozzle Check Printer Canon

Cara Mudah Mengecek Kondisi Nozzle Check Printer Canon


Caracetak.com - Melakukan pemeriksaan pada printer harus dilaksanakan secara rutin agar dapat mengetahui kondisi dari printer apakah dalam keadaan yang baik atau bermasalah. Tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang printer canon Anda mengalami masalah yang akan menghambat pekerjaan mencetak.
Masalah yang sering terjadi adalah printer macet, hasil cetakan putus-putus atau bergaris, tombolnya berkedip berwarna merah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai orang awam, pastinya akan panik jika printer canon Anda mengalami masalah tersebut dan langsung membawanya ke tukan service terdekat.
Namun, sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru karena masalah tersebut bisa diselesaikan sendiri di rumah. Nah, agar dapat mendeteksi secara dini masalah yang terjadi pada printer Anda sebaiknya lakukanlah pengecekan secara rutin.
Cara mengetes kondisi dengan nozzle check printer canon merupakan cara yang terbaik. Setidaknya terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi printer Anda yaitu dengan nozzle check standar dan juga self test printer canon.
Sebenarnya antara cara mengetes kondisi dengan nozzle check printer canon dan Epson memiliki sedikit perbedaan. Letak perbedaan tersebut berada pada grafik dan juga tampilan hasil yang muncul, namun untuk masalah fungsinya sama saja.
Nozzle check patut dilakukan saat printer mengalami masalah seperti hasil cetakan bergaris, printer error, warnanya tidak keluar, dan lainnya.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkah melakukan cara mengetes kondisi dengan nozzle check printer canon yang wajib Anda simak dan praktekkan.
1.      Klik menu start, kemudian klik device and printer
2.      Pilihlah jenis printer Anda yang akan dicek kondisinya menggunakan nozzle check
3.      Klik kanan pada gambar printer tersebut, lalu pilih printer properties/printer preference
4.      Kemudian akan muncul sebuah jendela, lalu klik tab maintenance dan selanjutnya pilih nozzle check agar pemeriksaan mesin cetak dapat berjalan.
Jika hal tersebut sudah dilakukan dan hasil cetakannya masih bergaris, cobalah untuk melakukan head cleaning supaya tinta bisa keluar secara maksimal. Perlu diingat bahwa Anda harus memberikan jeda waktu antara nozzle check dengan head cleaning selama 15 atau 20 menit agar kondisi catridge tidak terlalu panas dan catridge tidak cepat mengalami kerusakan.
Tentu saja catridge yang berada pada printer Anda harus dirawat dengan baik, karena harganya lumayan mahal yaitu mencapai setengah dari harga printer canon yang Anda beli. Jadi, Anda memang harus menjaga kondisi printer agar selalu dalam keadaan baik dengan melakukan pengecekan nozzle check secara rutin.
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kondisi printer canon adalah dengan cara self test printer. Berikut adalah self test printer yang bisa Anda lakukan pada printer canon IP series.
1.      Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan 1 sampai 2 lembar kertas yang diletakkan pada paper tray printer Anda
2.      Selanjutnya hidupkanlah printer canon IP series Anda
3.      Tekanlah tombol resume sebanyak 4 kali secara cepat dan berkelanjutan. Ingat jangan sampai kurang atau lebih.
4.      Printer canon IP series Anda akan secara otomatis melakukan self test print dan Anda tinggal menunggu hasilnya.
Bagaimana mudah bukan? Anda pun bebas mau memilih cara mengetes kondisi dengan nozzle check printer canon ataupun dengan self test print. Kedua cara tersebut memang sangat mudah untuk dipraktekan, tinggal tergantung dengan selera Anda saja. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi printer Anda agar tetap bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak. Selamat mencoba.

Artikel terkait :

Cara Mudah Mengecek Kondisi Nozzle Check Printer Canon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: echo hologram

0 komentar :

Posting Komentar