Kamis, 09 Maret 2017

Faktor Beserta Tips Mengatasi Cetakan Printer Bergaris Yang Harus Anda Kuasai

Faktor Beserta Tips Mengatasi Cetakan Printer Bergaris Yang Harus Anda Kuasai


Caracetak.com - Pernahkah Anda mendapatkan hasil cetakan yang bergaris? Banyak orang yang mengalami hal demikian dan bingung bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Seringnya, mereka langsung membawanya ketukang service agar masalah tersebut dapat segera teratasi dan printer dapat kembali digunakan.
Namun, tindakan Anda tersebut terlalu terburu-buru dan boros uang, karena Anda pun bisa memperbaikinya sendiri di rumah tanpa harus dibawa ke tukang sevice.
Berikut adalah faktor beserta tips mengatasi cetakan printer bergaris yang wajib Anda simak agar dapat memperbaiki printer Anda di rumah ketika mendapatkan hasil cetakan yang putus-putus atau bergaris.
baca juga :

1     Kotornya Encouderan
Apa itu encouder? Encouder adalah salah satu bagian pada printer yang berfungsi sebagai sensor printer yang letaknya di belakang catridge dan terbuat dari bahan mika plastik. Encouder ini berbentuk segi panjang yang membentang mulai dari ujung kanan sampai ujung kiri dari printer.
Jika bagian ini mengalami kotor akibat kecripatan tinta, maka hal inilah yang menyebabkan hasil cetakan menjadi bergaris.
Lalu, tips mengatasi cetakan printer bergaris apa yang sebaiknya Anda lakukan? Cara yang terbaik untuk mengatasi masalah encouder yang kotor adalah membersihkannya dengan menggunakan tissu atau Anda bisa mencopot encouder tersebut dan merendamnya menggunakan air hangat selama beberapa saat.
Setelah bersih dan kering, Anda bisa memasang kembali pada printer Anda dan masalah cetakan bergaris pun dapat segera teratasi.

2      Tinta Menggumpal
Tinta printer yang kotor dan menggumpal juga dapat mengakibatkan hasil cetakan bergaris. Jika hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena ada tips ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan merendam catridge pada air alkohol dan setelah itu sedot tinta yang ada pada catridge.
Dengan melakukan tips mengatasi cetakan printer bergaris tersebut, dijamin printer Anda menjadi normal kembali dan hasil cetakan menjadi sempurna tanpa ada garis putus-putus.

3     Penyumbatan selang tinta
Jika printer Anda menggunakan selang infus dan hasil cetakan bergaris, mungkin saja hal tersebut diakibatkan dari tersumbatnya saluran selang yang membuat tinta printer tidak bisa mengalir secara optimal.
Nah, jika hal tersebut terjadi, tips mengatasi cetakan printer bergaris yang paling jitu adalah dengan melakukan cleaning. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dumper yang dapat membantu melancarkan aliran tinta.
Printer yang menggunakan selang tinta memang harus sering-sering dilakukan pengecekan dan celaning agar tidak etrjadi penyumbatan dan hasil cetakan dapat keluar secara sempurna.
Selang tinta ini memang rawan terjadi penyumbatan, jadi Anda harus secara rutin untuk memeriksanya agar tidak terjadi masalah pada hasil cetakan Anda.
4.      Rusaknya head catridge
Kegagalan print dan hasil print tidak optimal juga dapat dipengaruhi oleh rusaknya head catridge atau lemahnya catridge pada printer Anda. Jika catidge Anda rusak, sebaiknya belilah dengan yang baru. Usahakan untuk membeli di toko yang terpercaya dan membeli catridge yang original agar awet dalam pemakainnya dan tidak mudah rusak.
Namun, jika kondisi catridge Anda lemah, maka lakukanlah setting pada printer dengan mengubahnya menjadi high quality.
Dengan menjalankan tips tersebut, printer Anda akan kemebali normal dan hasil cetakan pun akan kembali optimal.
Setelah mengetahui faktor beserta tips mengatasi cetakan printer bergaris di atas, semoga Anda bisa mengatasi masalah tersebut tanpa harus pergi ke tukang service yang akan menambah pengeluaran Anda dan juga membuang-buang waktu Anda. Tips-tips tersebut juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus meminta bantuan dari orang lain. Jadi, apa yang perlu Anda khawatirkan lagi?



Faktor Beserta Tips Mengatasi Cetakan Printer Bergaris Yang Harus Anda Kuasai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: echo hologram

0 komentar :

Posting Komentar