Sabtu, 18 Maret 2017

Kenali Tanda-Tanda Catridge Printer Rusak Sebelum Semakin Parah

Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Cartridge Printer Rusak Berikut Ini


Caracetak.com - Masalah cartridge rusak memang sudah tidak asing lagi bagi pengguna printer. Terlebih lagi jika usia cartridge-nya sudah terlalu lama. Namun, sebaiknya Anda jangan terburu-buru dulu untuk membeli cartridge yang baru, karena bisa jadi cartridge Anda masih bisa diperbaiki dan dipergunakan kembali.
Bisanya jika cartridge rusak akan menimbulkan tanda-tanda yang bisa dipahami oleh penggunanya. Namun, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tanda-tanda cartridge printer rusak dan biasanya mereka langsung membawanya ke tukang service jika terjadi kerusakan pada printer ataupun menggantinya dengan yag baru.
Nah, berikut ini akan disajikan informasi mengenai tanda-tanda cartridge printer rusak agar Anda bisa mendeteksi secara dini dan mengambil tindakan yang tepat.


1      Hasil cetakan bergaris

Memang hasil cetakan yang bergaris tidak selalu diartikan sebagai tanda-tanda cartridge printer rusak, bisa saja karena faktor tintanya. Lebih jelasnya lagi tinta tidak dapat mengalir secara sempurna melewati lubang noozle yang berakibat hasil cetakan tidak sempurna.
Nah, jika hal tersebut terjadi, maka Anda tidak bisa mendiagnosa bahwa cartridge printer mengalami kerusakan. Cobalah untuk melakukan head cleaning terlebih dahulu barang kali head-nya mampet. Namun jika head-nya tidak ada masalah sama sekali berarti cartridge printer Anda memang sudah rusak dan perlu diperbaiki atau diganti dengan yang baru.
2.      
Cartridge tidak terdeteksi

Cartridge yang tidak bisa terdeteksi merupakan salah satu ciri bahwa printer yang Anda miliki membutuhkan cartridge yang baru. Namun jika cartridge tersebut baru saja anda beli dan belum pernah melakukan isi ulang, maka cartridge tersebut tidaklah rusak, melainkan harus direset dulu secara manual.
Jadi, tanda-tanda cartridge printer rusak adalah cartridge yang telah lama dipakai dan telah dilakukan reset sebelumnya namun tidak terdeteksi pada printer Anda. Solusi yang paling tepat adalah mengganti catridge Anda dengan yang baru.
Jangan lupa untuk membeli cartridge pada toko yang terpercaya agar kualitasnya terjamin dan tidak mudah rusak. Biasanya, toko yang terpercaya akan memberikan garansi yang sangat berguna bagi Anda jika nantinya terdapat kerusakan atau masalah dalam pembelian cartridge.
3.      
Hasil cetak warna tidak sempurna

Hasil cetakan warna yang tidak sempurna juga erat kaitannya dengan head yang mengalami mampet. Kondisi tersebut sering ditemui pada cartridge warna. Seperti yang telah diketahui bahwa cartridge warna memiliki tiga varian warna yaitu magenta, kuning, dan cyan. Ketiga warna tersebut memiliki peran yang besar untuk mendapatkan hasil cetakan dengan warna yang sempurna.
Jika terdapat kesalahan dari salah satu warna tersebut, maka hasil cetakan tidak mendekati aslinya dan bahkan jauh dari aslinya. Jika kerusakan pada cartridge warna tersebut sudah terlalu parah, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.
Namun, jika kedua tinta yaitu cyan dan magenta masih bagus, hanya saja tinta kuningnya yang putus-putus, maka Anda masih bisa mengekalinya dengan cara melakukan setting pada printer. Cobalah untuk melakukan setting ke high. Dengan begitu hasil cetakan Anda masih bisa menyerupai aslinya meskipun tidak sesempurna saat ketiga warna tersebut berada dalam kondisi yang baik.
Jika Anda tidak puas dengan hasil cetakannya, Anda bisa memilih alternative lain yaitu dengan membeli cartridge warna yang baru.
Tanda-tanda cartridge printer rusak tersebut harus bisa Anda deteksi sejak dini agar printer Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat. Jika catridge memang masih bisa diperbaiki, maka Anda tidak perlu untuk membelinya yang baru. Namun, jika kerusakannya sudah terlampau parah, sebaiknya belilah cartridge yang baru.




Kenali Tanda-Tanda Catridge Printer Rusak Sebelum Semakin Parah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: echo hologram

0 komentar :

Posting Komentar