Jumat, 19 Mei 2017

Tips Hindari Macet Saat Mudik Lebaran Dengan Bus

Tips Hindari Macet Saat Mudik Lebaran Dengan Bus

Caracetak.com - Mudik lebaran sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Karena saat mudik lebaran menjadi waktu yang cocok untuk berjumpa dengan keluarga, terutama dengan saudara yang jauh. Moment mudik lebaran selalu dijadikan ajang silaturohmi. Namun disayangkan jika akan mudik lebaran pasti tidak jauh-jauh dari kemacetan saat berada di perjalanan. Biasanya orang akan lebih senang mengendarai kendaraan sendiri atau menggunakan alat transportasi umum untuk mudik.

Banyaknya orang yang ingin bepergian untuk memanfaatkan libur panjang membuat jalan dimana-mana macet. Bahkan jalur antar kota pastinya selalu diberitakan adanya kemacetan berkilo-kilometer. Oleh karena itu banyak orang mencari cara agar terhindar dari kemacetan saat mudik lebaran. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan pergi menggunakan kendaraan umum seperti bus.
Bus pada saat musim mudik lebaran jumlahnya akan bertambah sehingga hal ini akan menghindarkan kita dari kemacetan. Selain itu penggunaan transportasi umum menjadi salah satu solusi pengurangan kemacetan yang ada di Indonesia. Seiring bertambahnya penduduk maka akan bertambahnya pula transportasi dan akses jalan yang belum dibenahi akan membuat kemacetan dimana-mana.
Berikut ini beberapa tips hindari macet saat mudik lebaran dengan menggunakan bus :
  1. Pilihlah waktu keberangkatan dengan tepat
Macet akan membuat suasana jadi jenuh dan membosankan apalagi jika menggunakan kendaraan umum. Karena tidak dapat sembarangan berhenti ditempat yang diinginkan sebelum sampai tujuan. Nah untuk dapat menghindari macet pada saat menggunakan bus maka pilihlah waktu yang tepat saat berangkat. Kecametan biasanya timbul akibat penduduk yang berangkat secara bersamaan. Tentunya hal ini menyebabkan ledakan dijalan karena jumlah pengguna jalan yang sangat besar.
Oleh karena itu siasatilah waktu keberangkatan dengan cerdas. Apabila banyak orang melakukan mudik lebaran pada saat hari liburan dimulai, maka sebaiknya pergilah lebih awal.

  1. Memantau terus informasi seputar arus mudik
Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran sebaiknya terus mengikuti update informasi mengenai seputar arus mudik. Informasi-informasi tersebut bisa didapat melalui berita di televisi maupun media sosial lainnya. Tentunya hal ini sangat bermanfaat sebagai patokan untuk dapat menentukan jalur mudik yang paling tepat agar dapat terhindar dari kemacetan. Apalagi jika akan menggunakan bus, pastinya lihat dulu jalur mana yang nyaman dan belum terlalu ramai agar perjalanan pun terhindar dari kemacetan.

  1. Pilihlah bus yang nyaman dan kondisinya masih bagus
Kondisi bus juga sangat berpengaruh dalam menghindari kemacetan. Bayangkan saja jika perjalanan yang akan dilewati adalah jalur naik, jika posisi sudah macet namun bus yang dinaiki kondisinya tidak bagus maka akan mengalami kemacetan. Selain akan merugikan kita juga akan berdampak buruk pada kendaraan lain yang akan melintas. Dengan memilih atau menggunakan bus yang kondisinya bagus maka akan mengurangi dampak buruk di perjalanan salah satunya adalah macet.

  1. Jalur khusus bus
Bus antar kota biasanya memiliki jalur sendiri, seperti jalur pinggiran kota. Jadi tidak masuk atau melewati kota. Tentunya hal ini akan menghindarkan diri kita dari kemacetan. Banyak orang saat mudik lebaran akan lebih sering sambil berlibur ke kota yang mereka lewati, tentunya banyaknya orang yang menggunakan jalur kota akan beresiko terjadi macet yang parah. Dengan adanya jalur khusus bus maka kita akan lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan.


Penggunaan bus agar menghindari macet sangat direkomendasikan pada saat akan melakukan mudik lebaran. Namun jika ingin perjalanan tidak terhambat sama sekali bisa menggunakan alat transportasi lain seperti kereta api atau pesawat terbang. Semoga tips di atas dapat menjadi wacana sebelum akan menjalankan mudik lebaran.
Artikel terkait :

Tips Hindari Macet Saat Mudik Lebaran Dengan Bus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: echo hologram

0 komentar :

Posting Komentar